Kamis, 29 April 2010

“BACA DAN KAMU AKAN TAHU”

“Ibu terbuat dari apakah awan ? kenapa turun hujan? Kemana semua air hujan pergi ? Apa yang kegunaannya ?”

William Jones kecil selalu menanyakan pertanyaan-pertanyaan.

“Saya ingin tahu,” katanya;” saya ingin mengetahui semuanya.”

Pertamanya ibunya akan mencoba untuk menjawab semua pertanyaannya. Tetapi setelah dia belajar untuk membaca, ibunya mengajarkan dia untuk mencarinya di buku untuk apa yang ingin dia ketahui.

“Ibu, apakah yang membuat angin bertiup?”

“Baca dan kamu akan tahu, anakku.”
“Siapa yang tinggal di sisi lain dari dunia?”

“Baca dan kamu akan tahu, anakku.”

“Kenapa langit begitu biru?”

“Baca dan kamu akan tahu, anakku.”

“Oh, ibu, saya ingin mengetahui semuanya.”

“Kamu tidak bisa mengetahui semuanya, anakku. Tetapi kamu dapat mempelajari banyak hal dari buku.”

“Ya, ibu, Saya akan membaca dan kemudian saya akan tahu.”

Dia masih anak yang sangat kecil, tetapi sebelum umurnya tiga tahun dia dapat membaca cukup baik, pada saat dia berumur delapan tahun dia menjadi murid sekolah terbaik di sekolah terkenal di Harrow, dia selalu membaca, belajar dan menyelidiki.

“Saya ingin tahu; saya ingin tahu,” dia terus mengatakannya.

“Baca, dan kamu akan tahu,” kata ibunya.”Baca buku yang benar. Baca sesuatu yang indah dan baik. Baca untuk menjadikan kamu menjadi bijaksana.

“Jangan buang waktumu untuk membaca buku bodoh. Jangan membaca buku jelek yang akan membuatmu tidak baik. Tidak ada buku yang layak dibaca yang tidak membuatmu lebih baik atau lebih bijak.”

Dan demikianlah Willian Jones pergi membaca dan belajar. Dia menjadi salah satu murid terkenal di dunia. Raja Inggris menjadikannya seorang bangsawan dan menyebutnya Sir William Jones. Sir William Jones hidup hampir dua ratus tahun yang lalu. Dia mencatat pengetahuannya yang besar, kebanyakan dia peroleh dari buku-buku. Dikatakan bahwa dia dapat berbicara dan menulis dalam empat puluh bahasa.

0 komentar:

Posting Komentar