Selasa, 04 Mei 2010

YANG MANAKAH RAJA?

Suatu hari raja Henry ke empat dari Perancis sedang berburu di hutan yang besar. Menjelang malam dia memberitahu orang-orangnyauntuk menunggang pulang melalui jalan utama sementara dia akan pergi melaui jalan lain yang lebih panjang.

Saat dia datang keluar hutan dia melihat anak kecil disisi jalan, yang terlihat sedang mencari seseorang.

“Hei, anakku,” kata raja,”Apakah kamu mencari ayahmu?”

“Tidak pak,” jawabnya.”Saya sedang mencari raja. Mereka mengatakan dia sedang berburu di dalam hutan, dan mungkin akan menunggang keluar di jalan ini. Jadi saya menunggu untuk melihatnya.”

“Oh, itu yang kamu harapkan,” kata Raja Henry, “bangunlah kebelakang saya di kuda saya dan saya akan membawamu ke tempat dimana kamu dapat melihatnya.”

Anak itu bangun, dan duduk dibelakang raja. Dan kuda berlari kecil dengan cepat dan raja dan anak itu segera berkenalan dengan baik.

“Mereka selalu mengatakan Raja Henry selalu memiliki sejumlah orang dengannya,” kata anak itu; bagaimana saya tahu yang mana dia?”

“Oh, itu cukup mudah,” jawabnya.”semua orang akan melepas topinya, tetapi raja akan tetap memakainya.”

“Maksudmu seseorang dengan topinya adalah raja?”

“Tentu saja.”
Segera mereka tiba ke jalan utama dimana pegawai-peagawai raja sedang menunggu. Semua orang terlihat senang saat mereka melihat anak itu dan mereka bangkit berdiri, mereka menyambut raja dengan melepaskan topi mereka.

“Baiklah, anakku,”kata raja Henry,” yang mana menurutmu yang merupakan raja?”

“Saya tidak tahu,” jawab anak itu;” tetapi itu pastilah kamu atau saya, karena kita berdua memakai topi kita.”

0 komentar:

Posting Komentar