Selasa, 04 Mei 2010

SEORANG BUDAK YANG PINTAR

Pada zaman dahulu kala hiduplah seorang budak yang bernama Aesop. Dia seorang pria kecil dengan kepala besar dan lengan yang panjang. Mukanya putih tetapi sangat bersahaja. Matanya yang besar terang dan tajam.

Pada saat Aesop berumur sekitar dua puluh tahun, tuannya kehilangan penawaran besar dan mengharuskannya menjual budak-budaknya. Untuk melakukannya, dia harus membawa mereka ke kota besar dimana disana terdapat pasar budak.

Kota itu jauh, dan para budak harus berjalan menempuh jarak itu. Sejumlah buntelan dibuat untuk mereka bawa. Beberapa buntelan itu berisi sesuatu yang akan mereka perlukan dijalan; beberapa berisi pakaian; dan beberapa berisi barang yang akan dijual tuannya di kota.

“Pilih buntelanmu, anak-anak,” kata tuannya.”satu untuk setiap kalian.”

Aesop pada saat itu memilih yang paling besar. Budak-budak yang lain mentertawakannya dan mengatakan betapa bodohnya dia. Tetapi dia melempar ke punggungnya dan terlihat cukup puas. Hari berikutnya, tawanya berubah. Karena buntelan yang dia pilih berisi makanan untuk semua orang yang ikut serta. Setelah semua memakan tiga makanan darinya, buntelannya menjadi lebih ringan. Dan sebelum akhir perjalanan Aesop tidak membawa sesuatu untuk dibawa, sementara yang lain mengeluh keberatan dengan beban beratnya.

“Aesop adalah orang yang bijak,” kata tuannya. “Orang yang membelinya harus membayar harga yang mahal.”

Seorang yang sangat kaya, bernama Xanthus datang ke pasar budak untuk membeli seorang pelayan.
Karena budak-budak berdiri didepannya dia menanyakan setiap orang pekerjaan apa yang bisa dia lakukan. Semuanya sangat ingin dibeli Xanthus karena mereka mengetahui dia akan menjadi tuan yang baik, sehingga setiap orang menyombongkan diri dengan keahlian yang bisa mereka lakukan.
Seseorang adalah tukang kebun yang baik, yang lain dapat menjaga kuda; yang ketiga pemasak handal; dan yang keempat dapat mengatur rumah.

“Dan apa yang dapat kamu lakukan, Aesop?” tanya Xanthus.

“Tidak ada,” jawabnya.

“Tidak ada? Kenapa bisa begitu?”

“Karena, sejak budak yang lain dapat melakukan semuanya, tidak ada yang tersisa untuk saya lakukan,” kata Aesop.

Jawaban ini menyenangkan orang kaya itu sehingga dia membeli Aesop, dan membawanya pulang kerumahnya di pulau Samos.

Di Samos budak kecil itu menjadi dikenal karena kebijaksanaannya dan keberaniannya. Dia sering menghibur tuannya dan teman-teman tuannya dengan menceritakan dongeng yang lucu tentang burung dan binatang buas yang dapat bicara. Mereka melihat semua dongeng ini mengajarkan kebenaran yang besar dan mereka heran bagaimana Aesop mendapatkan pemikiran tersebut.

Banyak cerita lainnya yang diceritakan oleh budak hebat ini. Tuannya sangat senang dengannya dan memberikannya kebebasan. Banyak orang-orang besar yang senang menyebutnya sebagai temannya, dan bahkan raja meminta nasihatnya dan senang dengan dongengnya.

0 komentar:

Posting Komentar