Selasa, 04 Mei 2010

PERBURUAN RAJA

Apa yang belum didengar anak-anak dari Raja Robert Brucedan laba-laba? Saya akan memberitahukan kamu cerita lain dengan keberanian dan raja terkenal yang sama. Dia bertempur di sebuah peperangan dengan musuhnya, Inggris, pasukannya yang kecil dikalahkan dan berserak. Banyak dari temannya yang terbunuh atau tertangkap. Raja sendiri menurut untuk bersembunyi di dalam hutan sementara musuh-musuhnya memburunya dengan anjing.

Untuk beberapa hari dia berkeliling melewati tempat yang kasar dan berbahaya. Dia menyebrangi sungai dan mendaki gunung. Kadang kala dua atau tiga temannya yang patuh bersamanya. Kadang kala dia sendiri. Kadang kala musuhnya sangat dekat dengannya.

Pada suatu larut malam dia datang ke rumah pertanian kecil di sebuah bukit yang sepi. Dia berjalan tanpa mengetuk. Seorang perempuan duduk sendirian di perapian.

“Bolehkah pelancong malang ini beristirahat dan berlindung disini untuk malam ini?” tanyanya. Wanita itu menjawab, “semua pelancong diterima demi seseorang; dan anda diterima”

“Siapa seseorang itu?” tanya raja.

“Dia adalah Robert Bruce,” kata perempuan itu. “ dia adalah raja yang benar di negeri ini. Sekarang dia sedang diburu dengan anjing, tetapi saya berharap segera melihatnya sebagai raja seluruh Skotlandia.”

“Karena kamu begitu mencintainya,” kata raja,” saya akan mengatakan padamu sesuatu. Saya adalah Robert Bruce.”

“Anda!” teriaknya dengan sangat terkejut. “Apakah kamu Bruce, dan apakah kamu sendirian?”
“Orang-orang ku telah berserak,” kata raja,” dan oleh karena itu tidak ada seorang pun dengan saya.”

“Itu tidak benar,” kata perempuan yang berani itu.” Saya memiliki dua anak laki-laki yang gagah berani dan dapat dipercaya. Mereka dapat pergi denganmu dan melayanimu.”

Dan dia memanggil kedua anaknya. Mereka pemuda yang tinggi dan kuat, dan mereka senang untuk berjanji untuk pergi dengan raja dan membantunya.

Raja duduk di perapian, dan perempuan itu bergegas menyiapkan makan malam. Kedua pemuda itu mengambil busur dan anak panah mereka, dan sibuk dengan membuat rencana untuk hari berikutnya.

Tiba-tiba keributan terdengar diluar. Mereka mendengarkan. Mereka mendengar derap kuda dan suara sejumlah orang.

“Inggris! Inggris! Kata pemuda itu.

“Jadilah berani, dan bela rajamu dengan nyawamu.” Kata ibu mereka.

Kemudian beberapa dari mereka memanggil dengan suara keras,”Apakah kamu melihat King Robert the Bruce melewati jalan ini?”

“Itu adalah suara saudaraku Edward,” kata raja.” Mereka adalah teman, bukan musuh.”

Pintu terbuka dan dia melihat ratusan orang-orang pemberani, siap untuk memberikannya bantuan. Dia melupakan laparnya; dia melupakan letihnya. Dia mulai menanyakan tentang musuhnya yang sedang memburunya.

Saya melihat dua ratus dari mereka di pedesaan di bawah kita,” kata seorang pegawainya.” Mereka beristirahat disana karena malam dan tidak takut dengan bahaya dari kita. Jika kamu berpikir untuk membuat tergesa-gesa, kita dapat mengejutkan mereka.”

“Kemudian kita menunggang dan pergi,” kata raja

Menit berikutnya mereka pergi. Mereka bergegas tiba-tiba ke pedesaan. Mereka menaklukan musuh raja dan menyerakkan mereka.

Dan Robert the Bruce tidak lagi menuruti untuk bersembunyi di hutan atau berlari dari anjing liar. Segera dia menjadi raja sejati dan pemimpin dari seluruh Skotlandia.

0 komentar:

Posting Komentar