Selasa, 04 Mei 2010

DISELAMATKAN SEEKOR LUMBA-LUMBA

Dalam sebuah kota Corinth, hiduplah seorang musisi hebat yang bernama Arion. Tidak ada orang lain yang dapat memainkan lirik atau bernyanyi semerdu seperti dia; dan lagu yang dia buat terkenal di banyak tempat.

Raja Corinth adalah temannya. Orang-orang Corinth tidak pernah lelah memuji musiknya yang merdu.

Suatu musim panas dia pergi menyeberangi lautan ke Italia; karena namanya yang sudah terkenal disana, dan banyak orang yang berharap mendengar dia bernyanyi.
Dia mengunjungi beberapa kota, dan setiap tempat dia dibayar baik karena musiknya.

Akhirnya, dengan memiliki kekayaan , dia memutuskan untuk pulang. Ada kapal yang baru saja siap untuk berlayar ke Corinth, dan kapten setuju untuk menjadikannya penumpang.

Laut sangat berombak. Kapal keluar dari jalannya. Beberapa hari dilalui sebelum mereka melihat daratan.

Para pelaut kasar dan tidak sopan. Kapten sendiri pernah menjadi perampok. Saat mereka mendengar bahwa Arion memiliki sejumlah besar uang, mereka berencana untuk mengambilnya.

“Cara termudah,” kata kapten,” adalah melempar dia ke laut. Kemudian tidak ada seorang pun yang akan mengatakan ceritanya.”

Arion mendengar rencana mereka.

“Kamu boleh mengambil semua yang saya miliki,” katanya,”jika kamu akan menyisakan untuk hidup saya.”

Tetapi mereka sudah memikirkan untuk melemparkan dia. Mereka takut jika menyisakan dia, jangan-jangan dia akan melaporkan masalah ini ke raja.

“Hidupmu tidak akan kami selamatkan,” kata mereka; “tetapi kami akan memberikan dua pilihan. Kamu sendiri yang harus meloncat ke laut atau dibunuh dengan pedangmu sendiri. Mana pilihanmu?”

“Saya akan melompat ke laut,” kata Arion,”tetapi saya mohon untuk berbaik hati menolong saya dahulu.”

“Apa itu?” tanya kapten.

“Ijinkan saya untuk bernyanyi lagu terbaik dan terakhir saya pada kalian. Saya berjanji segera setelah lagu saya selesai saya akan melompat ke laut.”

Para pelaut setuju; karena mereka ingin sekali mendengar lagu yang terkenal di seluruh dunia.

Arion berpakain dengan pakaian terbaiknya. Dia berdiri di depan dek, sementara para perampok pelaut berdiri setengah lingkaran didepan dia, penasaran dengan lagunya.

Dia mahir dengan liriknya dan mulai memainkan temannya. Kemudian dia bernyanyi lagu yang indah, begitu merdu, begitu hidup, dan begitu menyentuh, sehingga banyak dari pelaut yang meneteskan air mata.

Dan sekarang mereka ingin menyelamatkannya; tetapi sesuai dengan janjinya,-- segera setelah lagu itu selesai, dia melompat sendiri tanpa berpikir panjang kedalam laut.

Para pelaut membagikan uangnya diantara mereka sendiri; dan kapal terus berlayar. Dalam waktu singkat mereka tiba di Corinth dengan aman, dan raja mengirimkan seorang petugas untuk membawa kapten dan orang-orangnya ke istana.

“Apakah kamu terlambat dari Italia? Tanya nya.

“Iya, kami terlambat,” mereka menjawab.

“Berita apa yang dapat kamu berikan mengenai teman saya Arion, musisi terbaik dari semua?”
“Dia baik dan senang saat kami meninggalkan Italia,” jawab mereka.”dia memiliki pikiran untuk menghabiskan hidupnya di negara itu.”

Dengan susah mereka mengatakan kata-kata tersebut dan pintu terbuka dan Arion sendiri berdiri sebelum mereka. Dia berpakaian seperti yang mereka lihat saat melompat ke laut. Mereka sangat terkejut dam mereka jatuh pada lututnya didepan raja dan mengakui kejahatan mereka.

Sekarang, bagaimana Arion selamat dari tenggelam saat dia melompat dari kapal?

Cerita tua mengatakan bahwa dia naik di punggung ikan besar, yang disebut lumba-lumba, yang terpesona dengan musiknya dan berenang dekat kapal. Lumba-lumba membawanya dengan kecepatan tinggi ke daratan terdekat. Kemudian dengan sangat gembira, musisi bergegas ke Corinth, tidak berhenti walaupun untuk mengganti pakaiannya.
Dia mengatakan cerita indah ini ke raja; tetapi raja tidak mempercayainya.

“Tunggu,” katanya,”sampai kapal tiba, dan kemudian kita tahu kebenarannya.” Tiga jam kemudian, kapal datang ke pelabuhan, seperti yang sudah anda ketahui. Orang lain berpikir lumba-lumba yang menyelamatkan Arion bukanlah seekor ikan, tetapi kapal bernama _Lumba-Lumba_. Mereka mengatakan Arion adalah perenang handal, yang membuatnya terapung sampai kapal ini melewatinya dan menyelamatkannya dari ombak.

Anda dapat mempercayai cerita ini sesuai yang terbaik yang anda suka. Nama Arion masih dikenang sebagai musisi yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar